free website trackingvisitor activity tracker
best blogs

Selasa, 24 April 2012

alat ukur stopwatch casio

stopwatch casio

Stopwatch Casio

Metode pengukuran merupakan suatu teknik untuk mengaitkan suatu bilangan pada  sifat fisika dengan membandingkannya dengan suatu besaran standar yang telah diterima sebagai satuan dan untuk melakukan pengukuran maka dibutuhkan alat ukur yang sesuai.

Begitu pula ketika kita ingin mengukur kecepatan suatu benda yang bergerak lurus beraturan ataupun pada benda yang bergerak lurus berubah beraturan maka dibutuhkan pula alat ukur yang mampu untuk mengukur kecepatan benda tersebut. 

Suatu alat ukur yang biasa digunakan untuk melakukan percobaan mengenai materi Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah Ticker timer. Selain itu di dalam ilmu fisika tidak lepas dari pengukuran yang berhubungan dengan waktu, seperti dalam pengukuran kecepatan diperoleh dengan membandingkan jarak yang ditempuh dengan waktu yang diperlukan. Dengan demikian diperlukan alat ukur waktu yang dapat menghitung lamanya benda bereaksi atau mencapai tujuan.

Salah satu alat ukur lain untuk menghitung lamanya waktu yang akurat adalah stopwatch. Stopwatch diprioritaskan untuk mengukur atau menghitung lamanya waktu yang diperlukan dalam suatu kegiatan, contohnya pada percobaan-percobaan di laboratorium

Tipe alat ukur kecepatan

Alat yang sering di gunakan untuk mengukur waktu , diantaranya adalah jam dinding, arloji,dan stopwach. 

1. Arloji 

Jam tangan (Arloji) adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster, pennylvania, Amerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital) tersebut telah di mulai sejak tahun 1946. 

Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini. 

2.Stopwatch 

Stopwatch memiliki ketelitian 0,1 detik, karena setiap 1 skala pada stopwatch di bagi menjadi 10 bagian. Alat ini biasanya di gunakan untuk mengukur waktu dalam olahraga atau dalam penelitian-penelitian.


Jam sukat atau jam randek (stopwatch) adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan, misalnya: berapa lama sebuah mobil dapat mencapai jarak 60 km, atau berapa waktu yang dibutuhkan seorang pelari yang dapat mencapai jarak 100 meter.

 Jam sukat (stopwatch) ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital/bergana.

jam sukat analog memiliki batas ketelitian 0,1sekonsedangkan jam sukat digital memiliki batas ketelitian hingga 0,01. Cara menggunakan jam sukat dengan memulai menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.

Fungsi Stopwatch 

Mungkin anda sering mendengar atau melihat Jam sukat atau dalam bahasa Inggris disebut Stopwatch. Namun apakah anda tahu fungsi atau kegunaan dari Stopwatch tersebut? Fungsi Stopwatch adalah sebagai alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam suatu kegiatan, misalnya berapa lama seorang perenang mencapai jarak 100 meter, atau berapa lama seorang pelari mencapai jarak 1 km, dsb.

Stopwatch atau jam sukat secara khas dirancang untuk memulai dengan menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.

Jenis stopwatch

Jenis Stopwatch  ada dua jenis yaitu stopwatch analog dan stopwatch digital. Kedua stopwatch tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengukur lama waktu. Perbedaannya terletak pada komponen penyusunnya dan tampilan pembacaannya 

1. Stopwatch analog

Stopwatch analog merupakan jenis stopwatch manual yang menggunakan jarum penunjuk sebagai penunjuk hasil pengukuran, jarum penunjuk tersebut seperti pada arloji

2. Stopwatch digital

Stopwatch digital merupakan jenis stopwatch yang menggunakan layer/monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran. Waktu hasil pengukuran dapat kita baca hingga satuan detik.stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan, misalnya: berapa lama waktu yang ditemuh si pelari dalam jarak 100 M.

cara penggunaan stopwatch

Berikut ini saya menjelaskan secara umum ,bagaimana cara menggunakan stopwatch dengan benar ketika Anda mengunakannya stopwatch tersebut :

  1. tombol start, stop dan reset yang dipergunakan untuk memulai, menghentikan dan mengulang pengukuran waktu. skala yang digunakan: 1. dalam detik, skala ini disusun melingkar di bagian pinggir dengan jarak antar skala 0,2 detik.
  2. Jarum panjang ialah yang berfungsi untuk pengukuran dalam detik.  Dalam menit, skala ini disusun melingkar dengan jarak antar skala 1 menit. Jarum pendek berfungsiuntuk penunjuk waktu dalam menit.
Dipakai untuk apa stopwatch itu ?

Stopwatch biasanya sangat ideal untuk lari, jogging, memasak, pelatihan olahraga atau sebagai tujuan umum timer / stopwatch. Stopwatch dirancang sebagai timer untuk pelari, tapi tentu ada banyak cara lain di mana Anda dapat menggunakan Stopwatch:
- Menjalankan Stopwatch
- Kolam Stopwatch (Pelatih)
- General Atletik Timer
- Gym Timer Pelatihan
- Sirkuit Timer Pelatihan.
- Treadmill timer.
- Bersepeda stopwatch
- Ski-timer
- Memasak Timer
- Waktu habis timer
- Yachting / Sailing Timer
- Timer Presentasi
- Rapat Stopwatch
telp : 0818174118

pusat penjualan jam tangan merek casio

Delicious StumbleUpon Pinterest Google+ LinkedIn Facebook Twitter Amazon

distributor casio pusat indonesia

head line animator casio pusat

grafik jam tangan casio

Total Tayangan Halaman

panel casio pusat

jam tangan casio Feedage Grade A rated

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Free SEO Tools

 
 jam tangan casio
jam tangan casio
jam tangan casiog
Copyright © 2009 , All Rights Reserved | pusat jam tangan merek casio | Privacy Statement | Term of Use
Hak Cipta dilindungi Undang-Undang, Guide product brand of Casio for Indonesian
Powered By google